Langkah-Langkah Bisnis Kuliner

Tips Bisnis Kuliner Ala ELIZA

 

Setelah mendapatkan gagasan, lakukan langkah-langkah ini

ü  Sebelum mulai menjalankan gagasan bisnis, pelajari seluk beluk bisnis tersebut, melakukan pengamatan dan pendalaman mengenai semua hal yang  berhubungan dengan usaha yang digeluti, Misalnya :

Bagaimana melakukan proses produksi yang efisien.

Darimana kita membeli bahan bakunya.

Siapa calon konsumen atau bagaimana karakteristik pembeli.

Dimana kita akan memasarkan dan menjual prodak kita.

Bagaimana pola pemasarannya (cara terbaik adalah mengamati pengusaha yang sudah sukses yang bergerak di bidang yang sama

Kenali dan pahami resikonya, serta siapkan mental untuk itu

ü  Lakukan uji coba dengan cara tes pasar, manfaatnya adalah untuk mendapatkan umpan balik terhadap calon konsumen terhadap prodak yang kita tawarkan

ü  Menyusun rencana usaha
menyusun rencana berarti menyusun masa depan, makin baik rencana, makin jelas gambaran dan susunan masa depan tersebut
hal tersebut Mencakup :  penatapan nama produk. Pengemasan produk. Proses produksi. Jalur distribusi yang dipilih. Modal tambahan yang diperlukan. Orang-orang yang akan diajak bekerja sama, baik penanam modal, pegawai, ataupun penyalur produk.

ü  Membuat rencana strategi promosi, bisa dengan mengiklankannya, atau jika perlu dengan penekanan pada penjualan personal melalui agen-agen penjual yang dididik  khusus

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan :

          jenis pasar produk, tingkat pemanfaatan alat promosi bevariasi antara pasar konsumen dan pasar industri. Pada perusahaan barang, konsumsi akan lebih memusatkan pada promosi penjualan, periklanan, penjualan perseorangan, dan hubungan masyarakat, sesuai dengan urutannya, sedangkan perusahaan industri, akan lebih memusatkan pada penjualan perseorangan, promosi penjualan, periklanan, dan hubungan masyarakat

          strategi dorong lawan dan strategi tarik. Perluasan promosi sangat dipengaruhi oleh apakah perusahaan memiliki strategi dorong atau strategi menarik untuk menciptakan penjualan, pada strategi dorong, penjualan perseorangan dan promosi penjualan lebih diperhatkan. Sedangkan pada strategi tarik, periklanan dan promosi kepada konsumen akan lebih berperan

          kesiapan pembeli . alat-alat promosi memiliki efektivitas biaya yang berbeda pada berbagai tingkat kesiapan pembeli.

Periklanan dan pablisitas memliki peranan dalam tahap membangun kesadaran, pengertian pelanggan akan dipengaruhi oleh penjualan perseorangan. Sedangkan pemesanan dan pemesanan kembali akan dipengaruhi oleh penjualan perseorangan dan promosi penjualan. Jadi tahap-tahap awal proses keputusan pembeli. Periklanan dan publisitas akan lebih berperan. Sementara itu pada tahap-tahap akhir, penjualan perseorangan dan promosi penjualan lebih efektif.

ü  Umumnya dalam usaha kecl, pemilihan lokasi usaha atau tempat pemasaran atau gerai yang strategis menjadi salah satu kunci sukses usaha, cara yang paling muda adalah bekerja sama dengan pemilik tempat memulai sistem bagi hasil atau bagi keuntungan. Beberapa perusahaan sengaja menciptakan tempat usaha yang tidak besar, bahkan memberlakukan sistem kontrak kios di supermarket atau mini market, seperti penjualan burger atau roti ini.
inisiatif lain, tentu saja seperti yang dilakukan oleh amanda dan juga kebanyakan bisnis lainnya, yaitu dengan melakukan survei lokasi terlebi dahulu, masukan yang berasal dari lapangan pasti sangat bermanfaat untuk menentukan keputusan tentang lokasi mana yang akan diambil.

ü  Jangan tunda gagasan bisnis anda

ü  Hadapi dan atasi hambatan atau kegagalan.

 

 

 

 

 

 

 

Tips Memulai Usaha Ala AMANDA

1.      Manfaatkan modal untuk membeli bahan baku terlebih dahulu, sedangkan untuk peralatan cukup memakai alat-alat yang sudah ada.
Dan pertimbangkanlah modal awal anda. Alangka baiknya jika modal tersebut memiliki perkiraan arus kas selama 12 bulan ke depan.

2.      Tabunglah keuntungan walaupun kecil. Untuk menambah modal agar usaha anda sedikit demi sedikit berkembang menjadi besar

3.      Membuat proposal tentang rencana usaha yang akan digeluti kepada para calon investor, untuk perkembangan usaha.

4.      Lakukan dengan kreativitas,  yakinlah tidak semua orang dapat melakukannya

5.      Harus percaya diri,

6.      Teknik menjual
pertama : pastikan produk kita bermutu
kedua : pastikan target pemasaran, atau keriteria calon konsumennya
ketiga : pastikan bahwa kita telah mengkomunikasikan apa-apa tentang perusahaan kita. Misalnya, produk kita yang paling unggul dalam rasa, kemudian coba tawarkan produk kita untuk dicoba di lingkungan sekitar, pada awalnya produk kita tidak untuk dijual, namun untuk membuat orang agar ingin mencicipinya lagi, itulah kuncinya.
keempat : gunakan pancingan, prilaku seseorang, cenderung meniru tingkah laku orang lain, contohnya : ketika hendak menjual sepotong kue brownies kukus, maka jangan langsung menawarkannya kepada calon pembeli. Akan tetapi, ceritakan terlebih dahulu siapa saja orang yang sudah merasakan kelezatannya. Atau dengan memberi tester pada pelanggan. Siapapun bisa kita jadikan pancingan, misalnya teman, relasi, dan sanak keluarga, untuk makan di tempat kita, dan usahakan agar tempat usaha selalu terlihat ramai, biasanya calon konsumen akan tertarik mampir ke toko yang ramai

 

Beberapa Tips Tambahan

v  Modal utama adalah skil dan hoby

v  Pilih jenis makanan kesukaan lalu variasikan dengan berbagai rasa yang cocok di lidah

v  Jangan lupa mempelajari bagaimana membuat suatu komposisi resep yang anda dapatkan, baik resep keluarga maupun yang didapat dari kursus

v  Terimalah pesanan perlahan-lahan sesuai dengan kapasitas kemampuan

v  Rajin menawarkan prodak pada konsumen secara berlebihan bisa menjadi bumerang. Jadi, lakukan penawaran secara rutin dan ambil jedah waktu yang cukup panjang, hingga tidak membuat bosan pelanggan, dan menjadi sangat melekat di benak para pelanggan.

v  Pengaturan waktu harus diperhitungkan sejak awal, seperti kapan saat belanja bahan baku, menimbang dan meracik bahan baku, menyimpannya sebelum diolah atau bahkan sampai pada saat mengolah dan mengantarnya tepat waktu, sesuai dengna yang sudah dijanjikan, ingant, memuaskan hati pelanggan adalh nomor satu

v  Menyertakan contoh makanan di luar pesanan merupakan promosi terselubung yang sangat bagus. Beri tahu pelanggan bahwa itu merupakan bonus pesanan, sehingga kemudian hari pelanggan dengan mudah memesan karena sudah tahu rasanya

v  Jangan berhenti belajar dan berkreasi dengan menu baru atau memadu padankan menu lama dengan menu baru.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemilihan Cabang Lokasi

1.      Hasil survei yang dilakukan oleh tim survei dan berbagai sumber-sumber yang dikumpulkan, dari tim survei dan data-data ini, diambillah kesimpuan tentang bagaimana kativitas keramaian, segmen pembeli, dan potensi lokasi tersebut

2.      AMANDA memiliki satu unti mobil keliling yang difungsikan sebagai test market sebelum disetujui untuk dijadikan lokasi usaha atau cabang selama tiga bulan. Jika hasilnya bagus, barlah gerai atau toko tersebut dibuka secara permanen

3.      Untuk lokasi di luar kota AMANDA menggunakan data dari berbagai sumber, terutama data sosia demogfrafi, begitu pula dengan kultur dan kecenderungan aktivitas di kota tersebut. Kemudian dilakukan pengamatan tentang segmen dan standar kelayakan okasi sebelum dibangun pabrik maupun gerainya

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangun Sikap Mental Pengusaha

v  Berani memulai, tidak akan terbentuk sikap mental tahan banting jika kita tidak berani memulai.

v  Berani berinisiatif, inisiatif merupakan salah satu cara untuk mendapatkan darah baru bagi usaha yang akan dijalankan

v  Berani rugi, jangan banyak membuang banyak waktu hanya untuk memperhatikan resiko kerugian.

v  Berani menggunakan insting, insting merupakan barang mahal yang tidak semua calon pengusaha memilikinya

v  Berani tepat waktu, tepat waktu sangat erat dengan kedisiplinan. Tepat waktu akan berpengaruh pada mutu produk atau hasil yang akan anda dapatkan.

v  Senang melayani, melayani pasti berhubungan dengan pelanggan. Melayani tidak selalu berhubungan dengan hal-hal seperti produk, tetapi bisa juga dalam bentuk informasi dan komunikasi.

v  Senang bekerja sama, pola kemitraan dan kerja sama, telah terbukti cepat dan tepat dalam mendatangkan keuntungan, setidaknya informasi yang berhubungan dengan usaha kita bisa didapatkan secara terbuka.

v  Mempelajari hal baru,  sebagai pengusaha jangan pernah berhenti belajar, sebab kompetitor kita siap menggantikan posisi kita setiap saat jika kita lengah

v  Profesional, hal yang paling sederhana sebagai pengusaha yang profesional adalah, bagaimana agar kebutuhan konsumen kita terpenuhi tanpa ada pengurangan mutu sedikitpun

v  Berpikir dan ber feeling positive, sikap positif lebih mengajak kita lebih adil dan jujur terhadap persaingan bisnis saat ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memulai Bisnis Dari Rumah

1.      Memulai dari Mimpi

2.      Tunjunkkan Cinta pada produk yg dimiliki

3.      Hadapi resiko

4.      Kerja keras

5.      Bukalah jaringan sebanyak mungkin, dimulai dari lingkungan sekitar

6.      Menghormati kegagalan

7.      Jangan tunda, lakukan sekarang juga

8.      Carilah konsultan atau penasehat usaha

9.      Delegasi (tentunya kepada pihak yang ber kompeten)

 

 

TIPS AGAR USAHA RUMAHAN MENJADI SUKSES

v  Membuat target bisnis, dan berusaha mencapainya tanpa meninggalkan tanggung jawab pada keluarga

v  Jangan perna mencampur adukkan keuangan bisnis dengan keuangan keluarga

v  Mengatur dan mengelola keuangan dengan prinsip hemat

v  Jangan berpikir bahwa bisnis yang kita jalan hanya untuk mengisi waktu luang

v  Tetap aktif mengembangkan relasi dan jaringan dengan dunia luar untuk mengembangkan usaha

v  Diskusikan struktur waktu yang konsisten yang harus disetujui oleh semua anggota keluarga atau perusahaan tentnag berapa jam waktu untuk bisnis dan untuk keluarga

v  Sering-seringlah berdiskusi dan bersilaturrahmi dengan semua anggota keluarga

Strategi Membangun Citra Usaha

v  Merek

v  Riset pasar dan riset pemasaran

v  Distribusi

v  Iklan dan tag line

v  Menuju tahap kedewasaan (menambah prodak baru)

v  Pemasaran yang sistematis (modifikasi harga baik kualitas)

v  Tunjukkan kualitas, baik rasa, tekstur, warna, maupun kemasan

v  Selalu berinovasi, selalu berbeda

v  Menjadi pesaing bukan pengekor

v  Menguasai pasar untuk berkembang

v  Tidak royal (tidak jor-joran, serta menyisihkan keuntungan untuk perkembangan perusahaan)

v  Tidak berhutang hingga melebihi aset

v  Tangkap peluang tanpa berhutang

v  Jadikan karyawan sebagai aset, bukan karyawan atau pekerja

 

 

Resep pokok Brownies Kukus ELIZA

60 gram cokelat bubuk
100 gram terigu plus sedikit garam
250 ml minyak filma/tropical
10 butir telur (8 utuh, 2 putih saja)
300 gram gula pasir
1 sendok teh SP (pengembang kue)
12 sendok makan SKM (susu kental manis) coklat

Cara membuat

Kocok gula dan telur, masukkan SP sampai menembang
masukkan campuran tepung  (garam, cokelat bubuk)
bergantian dengan SKM coklat
terakhir, Minyak.
lalu kukus selama 30 menit, angkat dan taburkan meises/coklat cooking, dan kukus adonan kedua selama tiga puluh menit

 

 

 

 

Iklan
By ahmadmuhajir3angels Posted in Bagi info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s